SEMARAK & PENUH SUKACITA, PERAYAAN PASKAH IKATAN PELAUT TORAJA INDONESIA (IPTI)

Perayaan Paskah Ikatan Pelaut Toraja Indonesia telah berjalan dengan baik, pada hari Sabtu sore 6 Mei 2017, di Tongkonan Kelapa Gading Jakarta. Dalam sorotan tema, "Jangan Ingkari Panggilan Tuhan", Pelayan Firman Pdt DR Alfred Anggui menyampaikan betapa Tuhan senantiasa memanggil umat-Nya untuk sebuah maksud yang terbaik, meskipun kadangkala tampak berat dan melelahkan. Oleh sebab itu, kesetiaan menjawab panggilan Tuhan, adalah sebuah hal yang harus terus diupayakan, termasuk ketika para pelaut harus bertolak ke tempat yang dalam (Luk.5:1-11).

Segenap keluarga Pelaut Toraja dan sejumlah undangan, tampak sangat antusias mengikuti perayaan yang baru untuk pertama kalinya digagas dalam lingkup nasional. Dekorasi ruang ibadah yang tampak jelas memperlihatkan kehidupan kemaritiman, makin menambah semarak perayaan. Demikian pula dengan kehadiran para perwira dengan Seragam Korps-nya yang mengikuti prosesi para pelayan. Selain diisi oleh puji-pujian dari sejumlah Paduan Suara, yakni dari Gereja Toraja Jemaat Kota, Kramat, Warakas, Trio Sapari, Musik Angklung PWGT Kota, Keluarga Cibinong dan PKB Jemaat Kota, perayaan juga diisi dengan "To Manimbong" dari Gereja Toraja Jemaat Kramat.

Ketua Panitia, Capt. Masri T Randabunga' dalam sambutannya berharap agar perayaan Paskah ini menjadi momentum mempersatukan para Pelaut Toraja guna saling menopang dan mendorong ke arah yang lebih baik. Sedangkan Pemerhati Pelaut Toraja, Prof Dr Mathius Tambing dalam sambutannya mengajak untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi Pelaut Toraja untuk bersaing di dunia Internasional. Tampak pula hadir dalam perayaan Paskah tersebut, Ketua Umum PGI Pdt DR Henriette H Lebang, Ketua Umum PMTI Ir Frederik Batong, Ketua IKAT Jabodetabek Ibu Lily Salurapa, serta wakil dari Pemerintah Daerah Toraja Utara Bapak Rede Roni.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PGI mengingatkan keberadaan Pelaut sebagai garam dan terang dalam keluarga dan bangsanya. Sedangkan Ketua Umum PMTI menegaskan keberadaan Pelaut Toraja yang kini telah menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan masyarakat Toraja. Oleh sebab itu, perhatian dan dukungan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, tentu amat diharapkan.


Bagikan