Terang Natal bersinar di pos-pos PI Padangalla Pinrang

Rabu pagi  yang dingin pkl. 08.00 tgl. 6 Desember 2017, kami berangkat dengan Pdt Armand Dannari (Sekertaris Komisi PI Gereja Toraja) dari Makale dengan menggunakan kendaraan roda dua menuju Pinrang, setelah 2 kali istirahat  dengan pertolongan Tuhan akhirnya kami tiba  pkl. 16.30  di Pos PI Ratte,  kami disambut Pdt. Yohanis Ruru Patiung yang pada malam sebelumnya sudah memimpin Ibadah Natal di Pos PI Opang  dan Sdr. Yunus Siang (LPMI) yang pagi itu juga  berangkat dari Makassar membawa bingkisan dari Jemaat Jatiwaringin, alumni SMP Kr Rantepao berupa  Alkitab, Pakaian, Mainan Anak, Karpet, dan buku-buku anak.

Setelah melepas lelah kami lanjutkan perjalanan meninjau usulan lokasi Gereja di Ratte, terus menuju Gereja di Rattepaken, dan berkunjung ke rumah Jemaat dan rumah Kepala Kampung di Rattepaken Ambe’ Melda yang masih berkeyakinan aluk todolo, sementara rekan yang lain tetap di Pos PI Ratte mempersiapakn Ibadah Natal yang baru pertama kali diadakan disana serta memberikan pembekalan  pengajaran kepada yang akan menerima Keselamatan dari Tuhan Yesus.

 

Ibadah Natal malam itu dimulai dengan puji-pujian yang hikmat dan merdu dari anak sekolah minggu yang sebagian besar belum dibaptis,  sekitar 60an anak sangat bersukacita menerima bingkasan Natal berupa mainan yang diupayakan oleh Bpk Anto Toding.

Firman Tuhan  yang dipilihkan Pdt Armand dari  dan Yoh 1:4-5 dan Yes 9:1-2  “Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar

Dalam khotbahnya, Pdt. Armand memberikan analogi  bahwa apabila kita berbuat dosa min 3x sehari saja dikali 360 hari dikali 43 thn umurnya maka sudah 43.000 dosa selama hidup, tidak ada sesuatu yang sanggup menebus dosa sebesar itu selain dari Tuhan Yesus sendiri, yang juga oleh tuntunan Roh Kudus bekerja menggerakan hati umatNya di Pos-Pos PI menerima terang KeselamatanNya.

 

Perayaan Kehadiran Allah melalui Ibadah Natal yang dilaksanakan di rumah salah satu anggota jemaat di Ratte (Benyamin Sakun / penanggungjawab), berlangsung hikmat dan sangat sederhana. Dengan pohon pinus kecil diletakkan di ember bekas berhiaskan 5 lilin putih, ibadah Perayaan Natal tersebut dihadiri oleh kurang lebih 150an orang.  Peserta Ibadah Natal terdiri dari jemaaat, anak-anak, masyarakat aluktodolo, Gereja Toraja Mamasa dan Jemaat-jemaat dari pos PI Opang dan Rattepaken. Dalam Ibadah ini 3 ibu dan 3 anak dibaptis serta seorang Ambe’ pengakuan kembali. Perayaan yang sangat berkesan ini tanpa gadget (karena tidak ada signal), diakhiri dengan jamuan kasih  sederhana yang nikmat (sebungkus nasi, sepotong kecil ayam dan air kemasan gelas disatukan dalam kemasan plastik). Ibadaj Perayaan Natal berakhir pukul 23.00.

 

Tanggal 7 Desember 2017 malam Perayaan Natal dilanjutkan di Pos PI Padangalla dihadiri oleh kurang lebih 200 orang dari Jemaat dan aluktodolu yang berdatangan dari berbagai kampung. Dalam ibadah ini 4 orang anak dibaptis, dan pengakuan kembali seorang  bapak.

 

Dalam perjalanan pulang tim misi singgah ke keluarga Ambe’ Tindo di Makula’ (tempat menyimpan keramik), yang sebelumnya adalah Pendeta  Aluktodolo. Mari kita dukung dalam doa rencana Ambe’ Tindo yang akan menerima Keselamatan bersama 4 anggota keluarga lainnya pada hari Minggu 24 Desember 2017.

 

Segala  Hormat, Puji, Kemuliaan hanya kepada Tuhan Yesus sang pemilik kehidupan atas pelayanan ini.


Bagikan