Laporan Pelayanan Holistik Komisi Pekabaran Injil (KPI) Gereja Toraja Di Desa Lewandi

Menindaklanjuti program Komisi Pekabaran Injil Gereja Toraja tentang pelayanan Holistik (Pengadaan Air Bersih) bagi warga Jemaat di Lewandi Kecamatan Walenrang Barat maka pada tanggal 6 Desember 2016, Tim KPI Gereja Toraja yang dipimpin oleh Pdt. Wahyu T. Parrangan, S.Th., MM menuju ke Jemaat Lewandi dengan membawa bantuan berupa ± 350 batang pipa air dan bahan-bahan material lainnya.

Kedatangan Tim KPI Gereja Toraja disambut dengan sangat antusias oleh seluruh warga Jemaat. Mereka dengan sukacita bersama-sama dengan Tim KPI Gereja Toraja, mengangkat barang-barang material dengan berjalan kaki ke lokasi pemasangan pipa yang harus ditempuh dalam waktu 3 jam perjalanan. Tim bersama warga kemudian melakukan pemasangan pipa air bersih dari mata air yang berjarak ± 1 Km dari areal pemukiman penduduk. Pipa-pipa tersebut terbagi menjadi 2 bahagian, pipa Induk yang mendistribusikan air dari mata air ke bak penampungan dan pipa kecil yang mendistribusikan air dari pipa utama ke setiap rumah warga. 

Saat ini warga jemaat telah menikmati air bersih sampai kerumah-rumah mereka. Semua ini dimungkinkan terwujud karena dukungan dari para donatur (Teman Gereja Toraja).

Kesadaran akan kebersihan lingkungan semakin terbangun didalam pola kehidupan masyarakat Lewandi. Hal ini nyata melalui pembangunan MCK yang dilakukan oleh masyarakat secara swadaya. Jelaslah bahwa konsep Pekabaran Injil secara Holistik bukanlah sebuah retorika belaka, melainkan sebuah konsep pelayanan yang sungguh-sungguh berdampak positif untuk menjawab persoalan kehidupan yang nyata. Dengan adanya air bersih ini yang dikelola secara gotong-royong dengan anggota jemaat, memberi dampak antara lain : menciptakan damai sejahtera dalam kebutuhan pokok rumah tangga, menciptakan efisiensi tenaga dan waktu dalam mengelola kebutuhan sehari-hari, mendorong terciptanya lingkungan yang lebih sehat bagi warga jemaat, serta mendorong pengembangan ekonomi warga jemaat melalui kebun palawija.

Kami tetap berharap bahwa program ini masih akan terus berlanjut ke daerah-daerah POS Pekabaran Injil Gereja Toraja yang lainnya. Tentu saja Komisi Pekabaran Injil Gereja Toraja senantiasa mengharapkan dukungan doa, pemikiran dan saran serta dana dari Teman Gereja Toraja.

Pdt. . Wahyu T. Parrangan, S.Th., MM.


Bagikan