SEMANGATNYA PESERTA PELATIHAN KHOTBAH KOMUNIKATIF DI WILAYAH III MAKALE

Komisi PWG Gereja Toraja dalam kerjasama dengan Langham Indonesia, Yayasan IMT dan Teman Gereja Toraja telah selesai melaksanakan Pelatihan Khotbah Komunikatif untuk dua tahap sekaligus, yakni untuk Tahap Dasar dan juga Tahap Training For Trainers (TFT-1). Kegiatan yang dilaksanakan dalam koordinasi dengan Wilayah III Makale ini berlangsung di Gedung Wil III Makale pada tanggal 21-25 Feb 2017 dan diikuti oleh 158 peserta untuk Tahap Dasar (sebagian besar non pendeta) dan 28 peserta untuk TFT-1.

Menurut Pdt Albatros Palilu, sekretaris Komisi PWG Gereja Toraja, pelatihan ini menjadi amat penting, mengingat kebutuhan Pelayanan Pemberitaan Firman yang begitu tinggi pada satu sisi, dan juga keterbatasan tenaga Pelayan Firman pada sisi yang lain. Misalnya saja di Wilayah III Makale yang terdiri dari 305 Jemaat, 82 Cab Kebaktian dan 22 Tempat Kebaktian, sedangkan jumlah tenaga pendeta yang melayani di Wilayah III, hanya 173 pendeta. Jelas terlihat mendesaknya kebutuhan untuk makin memperlengkapi para penatua dan diaken, serta pengurus OIG dalam turut serta mengangkat tugas Pemberitaan Firman ini.

Para peserta pelatihan sendiri tampak begitu antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini. Karena itu, Pelatihan dengan metode Langham yang diisi dengan cukup banyak diskusi kelompok maupun upaya memahami teks secara mandiri ini, diharapkan dapat makin memperlengkapi para pelayan Tuhan, khususnya dalam memberitakan Firman Tuhan.

Pdt Alfred Anggui, Ketua I BPS Gereja Toraja, berharap kegiatan pelatihan ini juga dapat dilaksanakan di beberapa region pelayanan Gereja Toraja lainnya dalam tahun ini. Tidak hanya skill untuk berkhotbah, tetapi juga dengan berbagai kompetensi lainnya yang dibutuhkan oleh para pelayan. Salah satu kegiatan yang sudah diagendakan ke depan, ialah Pelatihan Konseling selama 3 hari penuh di dua tempat, yakni di Tangmentoe pada tgl. 22-24 Mei 2017 dan tanggal 25-27 Mei 2017 di Wilayah Luwu. Kegiatan yang merupakan kerjasama Komisi PWG dengan Yayasan IMT dan STTRII Jakarta ini diharapkan dapat makin memperlengkapi para pelayan dalam mengemban tugas dan tanggung jawab pelayanan.


Bagikan