PELAYANAN JEMAAT GALAXI KE RONGKONG

Jemaat Salu Kanan adalah salah satu jemaat yang berada di wilayah pelayanan Klasis Rongkong Sabbang-Baebunta. Ia berada di dataran tinggi rongkong, tepatnya di Desa Kanandede, Kecamatan Rongkong, Kabupaten Luwu Utara. Melalui program kerjasama yang biasa disebut dengan pelayanan kemitraan, jemaat Galaxi, Klasis Pulau jawa telah mengadakan kunjungan ke jemaat salu kanan, 1-6 september 2016.

Gereja Toraja Jemaat Galaxi, Klasis Pulau Jawa, yang diwakili oleh Tim, yaitu Pdt. Max Tandirerung, Prop. Sufriadi Mei Suhendra, Pnt. Mesak Kadang, dr.Wellem, dan sdra Obe’ berangkat dari Jakarta, hari Kamis siang, 1 September 2016. Tiba di Makassar, langsung melanjutkan perjalanan ke Palopo. Hari Jumat, 2 September melanjutkan perjalanan ke Sabbang dan selanjutnya ke Kanandede-Rongkong dengan menggunakan kendaraan mobil. Dari Kanandede menuju Salu Kanan menggunakan ojek dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Setiba di Salu Kanan, Tim Galaxi disambut dengan penuh keramahan oleh Majelis Jemaat Salu Kanan. Sembari menghirup udara segar dan menikmati kopi Rongkong di sore hari, Tim langsung mengadakan diskusi terkait hal teknis yang akan dilakukan dalam kunjungan tersebut.

Sabtu, 3 September 2016

Sabtu pagi dilaksanakan program pemeriksaan dan pengobatan gratis oleh Tim yang dikoordinir oleh dr.Wellem. Lebih dari 100 warga jemaat yang terdiri dari orang tua dan anak-anak begitu antusias mengikuti program ini dan berjalan dengan baik.

Pada siang-sore hari dilaksanakan penyuluhan tentang bagaimana menanam dan merawat bibit merica. Penyuluhan ini kemudian dilanjutkan dengan pembagian bibit merica kepada 58 KK. Bibit merica ini, (setelah melalui penyuluhan) diharapkan dapat ditanam dan dirawat dengan baik sehingga dapat menghasilkan panen yang baik pula. Tim dari Galaxi menekankan bahwa jenis bantuan yang diberikan kepada jemaat Salu Kanan ibarat memberikan  “Kail” dan tidak memberikan ikan. Karena jika tim memberikan ikan, maka ikan itu bisa habis dalam sekejap. Makna dari ini adalah bagaimana memberikan bantuan kepada jemaat mitra dalam bentuk tanggungjawab bersama, yang jika dikerjakan dengan baik dan benar, akan menghasilkan produksi yang melimpah.

Sabtu malam, dilanjutkan dengan pelayanan di Ibadah PPGT dan selanjutnya ada malam pujian bersama dengan SMGT. Program ini juga sekaligus memberikan penyegaran iman kepada anak untuk dapat bertumbuh, baik di rumah, di sekolah dan di gereja. Sehubungan dengan bagaimana TIM Galaxi melihat pertumbuhan jemaat di sana, ada juga program bantuan kerjasama dengan pihak Sekolah Lentera Harapan, melalui Bapak Jonathan Parapak, untuk membantu mereka yang punya keinginan tinggi untuk sekolah, memiliki prestasi yang baik namun tidak memiliki kemampuan ekonomi. Program ini tentunya bukan program yang instan, tapi program yang membutuhkan proses dan berkelanjutan.

Minggu, 4 september, dilaksanakan pelayanan ibadah Minggu, baik di Sekolah Minggu maupun di Ibadah jemaat. Dalam ibadah jemaat dilaksanakan juga babtisan Kudus kepada adik terkasih, Lilis Dahlia.

Setelah kebaktian hari Minggu tersebut, dilaksanakan acara penutupan sekaligus menyerahkan beberapa bantuan lainnya, berupa bantuan obat-obatan, alat musik gitar, microphone, dan baju layak pakai, serta bantuan dana untuk biaya pemeliharaan tanaman bibit merica. Harapan BPM Jemaat Galaxi, kiranya kerjasama atau kemitraan ini membuahkan hasil yang terbaik dan menjadi berkat bagi warga jemaat Salu Kanan dan terutama untuk kemuliaan Tuhan.


Bagikan