SMS TEMAN GEREJA TORAJA:

Langkah Bersama oleh Semua untuk Semua

Saatnya wujudkan harapan... menjangkau seluruh wilayah pelayanan Gereja Toraja tanpa kecuali...

Ayo ketik: 

REG TRJ (REG spasi TRJ) lalu kirim ke 95999 (untuk pelanggan Telkomsel) atau ketik : 

REG TORAJA (REG spasi TORAJA) lalu kirim ke 95999 (untuk pelanggan XL dan Axis).

Melalui upaya yang mungkin tampak kecil dan sederhana, namun dalam kasih karunia Tuhan, jika dilakukan dalam ketulusan oleh semua dan untuk semua, pasti akan memberikan buah penuh makna.

 

Apa itu “Teman Gereja Toraja”?

Teman Gereja Toraja merupakan sebuah upaya bersama mendukung percepatan jangkauan pelayanan di seluruh Gereja Toraja, melalui kegiatan pelayanan yang dikoordinir di Bidang 1 BPS Gereja Toraja (Komisi Pembinaan Warga Gereja, Komisi Pekabaran Injil, serta Komisi Liturgi dan Musik), dalam kerja sama dengan seluruh LPG (Lembaga Pelayanan Gerejawi) Gereja Toraja, serta Jemaat-Jemaat dan Klasis-Klasis yang menjadi subjek dan sasaran pelayanan.

Mengapa Perlu “Teman Gereja Toraja”?

Upaya bersama ini lahir sebagai salah satu jawaban atas beragam tantangan dan hambatan yang dihadapi selama ini. Dalam segala keterbatasan daya dan dana, BPS Gereja Toraja sering mengalami kesulitan untuk menjangkau seluruh wilayah pelayanan Gereja Toraja dengan sebuah sistem pelayanan yang terencana dan terkoordinir dengan baik hingga ke pelosok-pelosok. Itu sebabnya, yang dapat dilakukan sejauh ini, ialah pada umumnya menunggu permintaan dari jemaat-jemaat atau klasis-klasis, sedangkan pada kenyataannya, jemaat-jemaat dan klasis-klasis yang meminta dan mampu membiayai kegiatan pelayanannya secara mandiri, juga amat terbatas. Belum lagi dengan kondisi sarana dan prasarana, serta kehidupan ekonomi jemaat yang masih begitu minim di begitu banyak wilayah pelayanan.

Pasca perayaan 100 Tahun Injil Masuk Toraja Tahun 2013 lalu dan dalam masa perayaan HUT ke-70 Gereja Toraja (Tahun 2017), kita ingin agar pelayanan yang optimal dan memadai bisa terwujud di seluruh wilayah pelayanan Gereja Toraja tanpa kecuali. Kita merindukan, paling tidak di setiap Klasis (94 Klasis), tersedia tenaga-tenaga pelayan yang handal (pendeta maupun non pendeta) dengan spiritualitas yang tinggi dan dilengkapi beragam kompetensi yang dibutuhkan (konseling, berkhotbah dan mengajar, budaya, manajemen konflik, pengembangan ekonomi jemaat, musik gereja, dan sebagainya). 

Sekiranya upaya ini berhasil, haruslah dimengerti bahwa ini adalah suatu bentuk lain dari penggalangan dana melalui partisipasi perorangan, dan bukan untuk menghilangkan ataupun mengganti pos dana Am yang selama ini sudah berjalan yakni Pundi II dan Dana Satu Paket. SMS Teman Gereja Toraja adalah sebuah upaya menggalang dan memfasilitasi partisipasi perorangan, sedangkan Pundi II dan Dana Satu Paket merupakan tanggungjawab kelembagaan Jemaat-jemaat untuk ikut mewujudkan Persekutuan, Kesaksian dan Pelayanan sebagai Gereja Toraja dalam bidang dana.

 

Pemanfaatan & Pengelolaan “Teman Gereja Toraja”

Persembahan yang nantinya terkumpul  melalui upaya bersama “Teman Gereja Toraja” ini, seluruhnya akan digunakan untuk maksud tersebut di atas, yakni pemberdayaan semua tenaga pelayan (Pendeta dan yang bukan Pendeta) di segenap wilayah pelayanan, mendukung pengembangan sarana ibadah dan pendidikan, serta sarana air bersih dan ekonomi jemaat-jemaat terpencil yang masih begitu banyak membutuhkan perhatian kita semua. Sedangkan pengelolaan persembahan bersama ini akan disampaikan secara teratur melalui website resmi :

http://bidang1.bps-gerejatoraja.org/persembahan/teman_gereja_toraja/

 

Registrasi "Teman Gereja Toraja”

Untuk pelanggan TELKOMSEL (Simpati dan As), silahkan ketik: REG TRJ (REG spasi TRJ) lalu kirim ke 95999.

Untuk pelanggan XL dan Axis, silahkan ketik: REG TORAJA (REG spasi TORAJA) lalu kirim ke 95999.

Setelah melakukan pendaftaran atau registrasi, setiap anggota “Teman Gereja Toraja” akan menerima sms maksimum dua - tiga kali dalam satu minggu (sms berupa renungan singkat, wallpaper unik, audio khotbah dan instrument, dsb) dan setiap kali menerima satu sms akan menerima pemotongan pulsa sebesar Rp 2200 untuk Telkomsel, serta Rp 1100 untuk XL dan Axis. Pemotongan pulsa inilah yang nantinya akan menjadi persembahan Teman Gereja Toraja (sesuai perjanjian kerja sama dengan pihak-pihak terkait).

Sepintas, nilai nominal persembahan ini tampak kecil. Namun, sebagai ilustrasi, jika terdapat lima puluh ribu atau seratus ribu saja warga Gereja Toraja atau warga Toraja (dari jutaan warga yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia), bisa dibayangkan besarnya dampak upaya bersama yang dapat dilakukan ke masa depan. Persembahan dalam nominal yang kecil sekalipun, dalam anugerah Tuhan sesungguhnya dapat memberikan dampak yang luar biasa. Dalam hal ini, SMS Teman Gereja Toraja merupakan ruang partisipasi yang dapat memberi kesempatan amat luas bagi siapa pun dan di mana pun berada, untuk turut serta mendukung kegiatan pelayanan dan pemberitaan Injil Kerajaan Allah hingga ke seluruh pelosok wilayah pelayanan Gereja Toraja.

Program yang diatur dan dilindungi oleh Undang-undang ini,  merupakan kerjasama antara BPS Gereja Toraja dengan pihak operator seluler (Telkomsel, XL dan Axis), serta pihak content provider (PT. Lingua Asiatic).

 

Dari Tongkonan Sangullele di Rantepao,

Kami sampaikan Salam dan doa kami buat kita semua.

Tuhan memberkati

 Pdt. Dr. Alfred Anggui


Bagikan